Survei indeks politik Indonesia: mayoritas puas dengan kinerja PM Jokowi

chatinzone.com – Lembaga Indikator Politik Indonesia (LIPI) telah mempublikasikan hasil survei terbaru mengenai persepsi publik

terhadap penegakan hukum, sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), dan situasi terkini pasca Pilpres 2024.

Survei yang dilakukan pada 4-5 April 2024 ini menunjukkan bahwa mayoritas publik mengaku puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bacaan Lainnya

Data tren survei untuk rating approval rating presiden melalui telepon, yaitu pada survei sebelumnya di awal April lalu, sekitar 77,2 persen. Dibandingkan dengan survei LSI yang dirilis minggu lalu sebesar 76,5, selisihnya 0,5, beda tipis dengan LSI dalam margin of error”.
kata Burhanuddin Muhtadi, pendiri dan kepala peneliti Indikator Politik Indonesia, pada konferensi pers virtual pada hari Minggu (21/4/2024).

Di sisi lain, 22% responden merasa tidak puas dengan kinerja Jokowi sebagai Presiden.

“Mereka yang menyatakan tidak puas karena dianggap satu, kenaikan harga-harga bahan pokok yang paling tinggi. Kurangnya kepemimpinan, tidak memihak kepada rakyat kecil dan bantuan yang tidak seimbang. Mungkin ini yang tidak mendapatkan bantuan sosial,” kata Burhanuddin.

Namun demikian, Burhanuddin mengatakan bahwa kepuasan masyarakat terhadap Jokowi dinilai sebagai sebuah prestasi, mengingat berbagai masalah politik dan ekonomi.

“77,2% bukan angka yang kecil. “Dengan berbagai isu, mulai dari isu ekonomi hingga isu politik akibat perpecahan PDIP dan Jokowi, approval rating Jokowi sebesar 77% adalah angka yang sangat signifikan.
Memang belum pulih seperti sebelum pemilihan presiden, tapi setidaknya tidak turun lagi.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *