Menteri Koordinator pergerakan cepat Airlangga, bertemu dengan 3 pemimpin puncak Singapura pada hari itu untuk membahas kerja sama ekonomi

chatinzone.com - Menteri Koordinator pergerakan cepat Airlangga, bertemu dengan 3 pemimpin puncak Singapura pada hari itu untuk membahas kerja sama ekonomi
chatinzone.com - Menteri Koordinator pergerakan cepat Airlangga, bertemu dengan 3 pemimpin puncak Singapura pada hari itu untuk membahas kerja sama ekonomi

chatinzone.com – Setelah selesainya rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Ipef2024 dan Forum Investor Ekonomi Bersih IPEF (2024-6-5-6), Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartalt bergerak cepat merebut momentum untuk menggelar rangkaian pertemuan guna menggalakkan totopedia-wap kerja sama ekonomi.

Kami memulai rangkaian agenda pada hari Sabtu (8/6/2024), dan sejak pagi hari kami mengadakan breakfast meeting dengan Wakil Perdana Menteri Gan Kim Yong (Dpm) sebelum ikut memimpin rapat ke-6 Kelompok totopedia-wap Kerja Bilateral Indonesia-Singapura.

Bacaan Lainnya

Pada pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin dibagi menjadi 6 kelompok kerja: kawasan ekonomi khusus, investasi, sumber daya manusia, transportasi, usaha pertanian dan pariwisata untuk membahas kesepakatan hasil diskusi teknis antara kedua negara. Menteri Koordinator Airlangga dan Dpm Gan memimpin pembahasan secara langsung dan meraih hasil nyata di 6 bidang.

Dalam sesi makan siang setelah acara Kelompok Kerja Bilateral tersebut, Menteri Koordinator Erlanga kembali berdiskusi dengan Dpm Gan terkait berbagai isu strategis lainnya, khususnya mengenai keberlanjutan berbagai program kerjasama ekonomi yang disepakati dalam berbagai forum bilateral, regional dan multilateral.

Setelah pertemuan dengan Dpm Gan, Menteri Koordinator Airlangga akan langsung menuju Istana, istana Kepresidenan Singapura, di mana dia akan bertemu dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam, serta dengan totopedia-wap Perdana Menteri Lawrence Wong.

Pertemuan ke-4 (4) antara Menteri Koordinator Erlanga dan Presiden Talman, yang berlangsung di Kantor Kepresidenan Istana, berlangsung sekitar 45 menit melebihi waktu yang dijadwalkan. Keduanya membahas berbagai isu terkait pangan dari Revolusi hijau dan pertanian, dan Temasek tidak hanya dapat mendukung untuk membangun sistem pangan modern, tetapi juga berbagai isu geografis dan ekonomi lainnya.

Setelah bertemu dengan Presiden Talman, di lokasi lain di Istana, Menteri Koordinator Erlanga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong yang didampingi oleh beberapa pejabat dari MTI (Kementerian Perdagangan dan Perindustrian). Selain pemaparan hasil Kelompok Kerja Bilateral, berbagai isu kerja sama ekonomi juga dibahas, antara lain dukungan Singapura terhadap Indonesia untuk bergabung dengan OECD dan partisipasi Indonesia dalam CPTPP (Pacific Rim Partnership Agreement). Pertemuan dengan Perdana Menteri Wong berlangsung hampir 1 jam, sangat produktif dan memungkinkan untuk membahas totopedia-wap banyak isu keberlanjutan kerja sama kedua negara di masa depan.

Menjadi momen yang spesial, dalam satu hari Menko Airlanga Marathon akan berhasil menyelesaikan pertemuan tahunan kelompok kerja bilateral dan sekaligus mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan 3 (iii) Pemimpin Tertinggi Singapura di hari yang sama.

Dimulai dengan pertemuan dengan Gan Kim Yong DPM, Menteri Perdagangan dan Perindustrian dan Ketua Bank Sentral, dan diakhiri dengan pertemuan ke-4 dengan Presiden Tharman Shanmugaratnam, dan pertemuan totopedia-wap yang cukup panjang dengan Perdana Menteri Lawrence Wong.

Ada juga tim ahli dari Kementerian Koordinator Perekonomian, Sesmenko Ekonomi Susiwijono Moegiarso, Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo, yang mendampingi Menteri Koordinator Erlanga pada pertemuan-pertemuan penting tersebut totopedia-wap.

Pos terkait