1945 Wakil ketua Komisi Reformasi Konstitusi

chatinzone.com - 1945 Wakil ketua Komisi Reformasi Konstitusi
chatinzone.com - 1945 Wakil ketua Komisi Reformasi Konstitusi

chatinzone.com – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad memuji amendemen UUD 1945 sebagai hal yang tak terhindarkan, selain itu usulan tersebut disambut baik oleh ketua MPR, Presiden, wakil presiden, dan pimpinan partai politik. Dia menjelaskan, langkah selanjutnya setelah mendapat dukungan proposal tersebut Di Link Totopedia adalah melakukan kajian yang detail dan matang tentang perubahan-perubahan yang diperlukan.

“Intinya tidak ada kesalahan dari wacana reformasi ketatanegaraan yang bergulir selama ini. Memang, sudah tiba saatnya Konstitusi kita disesuaikan dengan situasi saat ini. Hidup implementasinya harus hati-hati. Selangkah demi selangkah,” kata fadel seperti dikutip dari Antara, Selasa (11/6/2024).

Saat berpidato di sebuah acara yang diadakan di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (7/6/2024) malam, ia mengatakan diperlukan penelitian mendalam untuk memetakan artikel-artikel yang perlu diubah dan diperbaiki.

Dalam acara tersebut Fadel menyampaikan amendemen tersebut di hadapan sejumlah pejabat MPR, antara lain penjabat Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah, kepala Biro Humas MPR Anies Mayangsari Muninggar, dan Ketua Koordinator jurnalis Parlemen Ariawan Di Link Totopedia.

Di hadapan mereka, Fadel mengatakan bahwa pembaharu Amien Rais juga mendukung amandemen UUD 1945.

“Dulu dia sedih karena tidak menyangka semua orang mengharapkan apa-apa, seperti Buaya Numero piro Jawa Piro (berapa bayarannya), dan Pak Amien tidak menyangka karena saat itu dia merasa tidak mungkin menyuap orang,” kata Fadel.

Dia mengatakan, proses amandemen UUD 1945 akan memakan waktu lama, karena dia yakin Di Link Totopedia perubahan UUD negara tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru.

“Pasti butuh waktu lama dan tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru. Untuk mengatur apa yang akan diubah tidak cukup 1-2 bulan, tetapi kita bisa mulai dari periode saat ini dan akan diproses hingga tahap revisi periode berikutnya. Itu harus dilakukan Di Link Totopedia,” kata Fadel.

Pos terkait