Totopedia PDIP adakan sekolah hukum untuk caleg, Mahfud MD jadi pembicara utama

chatinzone.com - PDIP adakan sekolah hukum untuk caleg, Mahfud MD jadi pembicara utama
chatinzone.com - PDIP adakan sekolah hukum untuk caleg, Mahfud MD jadi pembicara utama

chatinzone.com – PDI Perjuangan (PDIP) menggelar sekolah hukum pada Selasa (18/6/2024) di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta, yang diikuti oleh Di Web Totopedia pengurus daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta dan para caleg.

Ketua Umum PDIP Megawati Sokarnoputri dan ratusan pengurus PDIP dari berbagai daerah turut hadir dalam acara yang menghadirkan Profesor Mahmud MD, Pakar Hukum Tata Negara, sebagai pembicara utama.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan pembukaannya, Sekjen PDIP Hast Kristiyanto mengungkapkan bahwa sekolah hukum partai ini juga merupakan bentuk konsistensi sikap PDI Perjuangan yang ingin membangun negara hukum, bukan negara kekuasaan.

Oleh karena itu, konstruksi negara hukum dibahas secara mendalam, termasuk di dalamnya etika hukum, aspek hukum acara pidana, pembahasan hukum pidana dan perdata, pelembagaan sistem hukum dan tanggung jawab aparat penegak hukum.

Ia menjelaskan, “Oleh karena itu, sebagai partai yang secara konsisten berkomitmen untuk membangun negara hukum, sangat penting bagi kita untuk memahami generasi pendiri bangsa dalam kaitannya dengan sistem hukum negara.”

Mr Hast kemudian mengingat kasus Mahdood MD, yang memberikan pidato utama tentang reformasi sistem Di Web Totopedia hukum nasional di sekolah partai pada 13 Oktober 2022.

Saat itu, seluruh jajaran PDIP melihat berbagai persoalan bangsa terkait dengan negara sebagai negara yang dirancang sepenuhnya atas konsep negara hukum, yang berlandaskan pada ideologi pansasila konstitusional.

Hast menjelaskan bahwa sekolah hukum PDIP akan diselenggarakan setiap hari Jumat selama satu bulan penuh, diikuti oleh seluruh caleg terpilih baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota dan dilaksanakan secara daring Di Web Totopedia.

Menurut Hast, Ketua Umum PDIP Megawati lebih memilih untuk hadir secara langsung. “Ibu Megawati sangat antusias dan kemarin beliau mengatakan Di Web Totopedia bahwa beliau ingin saya juga hadir di sekolah hukum ini. Dan saya katakan bahwa acara ini bersifat hybrid, jadi beliau mengikutinya secara online”, pungkasnya.

Pos terkait